Anugerah Kasih akan bangun megaproyek di Sumut

Solid Gold Anugerah Kasih Investama (AKI) Group semakin gencar melakukan ekspansi bisnis properti. Setelah mengembangkan tiga proyek hunian perdana di Tangerang, Bogor, dan Bali, perusahaan ini berencana meluncurkan dua proyek baru lagi.

Anugerah kasih Investama akan mengembangkan satu megaproyek dengan konsep International Adventure City and Resort di Sumatera Utara. Proyek ini akan dibangun di atas lahan seluas 100 hektare (ha) dengan nilai proyek ditaksir mencapai Rp 20 triliunan.

Hans Herwin, Direktur Marketing AKI Group mengatakan, di dalam Intenational adventure City and Resort tersebut akan dibangun rumah tapak yang akan menyasar segmen menengah atas, apartemen yang dilego dengan harga segmen menengah, wahana permainanan, tempat wisata dan lainlain. “Ini nantinya akan menjadi tujuan wisata,” kata Hans di Jakarta, Rabu (19/7).

Namun, perusahaan belum menetapkan kapan produk perdana proyek ini diluncurkan karena masih dalam proses mengukur ulang tanah. Menurut Hans, nanti kawasan ini akan sangat prospektif karena lokasinya hanya 10 menit dari bandara dan di dalam kawasannya sudah terdapat air terjun dan pantai.

Melantai di bursa

Hans menambahkan, proyek International Adventue City and Resort inilah nantinya akan dikembangkan Anugerah Kasih Investama untuk di bawah melantai di bursa saham.

Sebelumnya, Victor Wirawan, CEO AKI Group mengatakan, akan melepas salah satu anak usahanya yang bergerak di properti untuk melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di pasar saham.

Selain megaproyek tersebut, AKI group juga akan meluncurkan satu proyek baru yakni villa bertajuk Imperial Izumi Resort di Trawas, Jawa Timur pada Agustus mendatang. Proyek ini akan sebanyak 111 unit di atas lahan seluas 2,5 ha.

Villa ini akan menjual wisata gunung karena letaknya dekat dengan gunung. Rencananya, proyek ini akan dibangun dua tipe yakni dengan luas bangunan 100 m2 dan 150 m2 serta akan dilego dengan harga mulai Rp 1,5 miliar. “Ini target pasarnya dari Surabaya, Malang dan juga investor dari Jakarta, kata Hans.

Proyek Imperial Resort ini akan menjadi proyek villa ketiga yang akan dikembangkan AKI Group setelah di Bali dan Puncak Bogor. Pada proyek pertama, AKI Group membangun proyek hunian, perumahan Bhuvana Regency di Tangerang, The Leaf Boutique Resort di Bogor, dan Tavisamira Resort di Bali.

Hans bilang, ke depan, pihaknya memang akan fokus menjadi pengembang villa. “Kami akan fokus menjadi pengembang spesialisasi resort karena potensi kami ada di segmen menengah atas dan kebetulan saat ini belum ada pengembang yang fokus di segmen ini,” kata Hans.

AKI group melihat potensi pasar villa di Indonesia masih menarik karena masyarakat kelas menengah ke atas masih memilih untuk tinggal di villa saat berlibur bersama keluarganya dibanding dengan hotel. Menurut Hans, proyek resort akan berkembang asalkan konsep, lokasi dan cara pembayaran yang ditawarkan pengembangnya menarik.

Sementara di Buvana Village Regency Tangerang, AKI akan kembali meluncurkan perumahan tahap II di bulan ini sebanyak 900 unit yang akan dibanderol mulai harga Rp 130 juta untuk tipe 22/72. selain dalam bentuk rumah, perusahaan juga meluncurkan tipe tanah kavling seharga Rp 70 juta untuk luas 72 m2. Sementara di tahap I telah dirilis 700 unit tahun lalu dan semua sudah ludes terjual.

Sedangkan Tavisamira Resort Bali akan dikembangkan sebanyak 38 unit di lahan seluas 1,4 ha. Proyek itu dirilis sejak awal tahun ini dan dilego dengan harga mulai Rp 3,6 miliar Rp 7 miliar dan sudah terjual sebanyak 23 unit. AKI Grup menargetkan proyek ini habis terjual pada Agustus mendatang.

Adapun The Leaf Boutique Bogor dikembangkan di atas lahan seluas 1,3 ha dengan total unit 36 villa. Tahap awal, proyek ini dirilis sebanyak 18 unit dengan harga sekitar Rp 1,9 miliar dan semuanya telah terjual. Sementara tahap II diluncurkan hari ini, Rabu (19/7) sebanyak 18 unit dengan harga Rp 2,5 miliar per unit.

Seperti diketahui, Anugerah Kasih Investama Group merupakan grup holding yang didirikan pada 2015. Berawal dari bisnis properti, hingga saat ini perusahaan ini sudah memiliki beberapa anak usaha mulai dari bidang properti, teknologi, consumer good, hingga hospitality.