Barcelona Disarankan Meniru Chelsea

Barcelona diminta meniru Chelsea. Seruan itu dilontarkan pengamat sepak bola Spanyol terkenal, Terry Gibson, terkait kesulitan yang belakangan dialami Barcelona lantaran persoalan tidak adanya bek kanan.
Belakangan, karena masalah ini, pelatih Barcelona, Luis Enrique memainkan formasi 3-4-3. Namun, tetap saja, belum bisa menyelesaikan masalah minimnya serangan lewat sayap.

“Formasi yang dimainkan Chelsea adalah contoh yang bagus jika Anda ingin memainkan tiga bek,” ujar Gibson, kepada La Liga Weekly, mengomentari tiga bek sejajar yang kerap diturunkan pelatih Chelsea, Antonio Conte.
Gibson menyebut, dengan formasi tiga bek yang dimainkan Chelsea, mereka sepertinya punya full back yang selalu bekerja keras dan ikut membantu serangan. Dengan 3-4-3 versi Chelsea, tim juga jadi memiliki sayap yang punya energi besar untuk ikut membantu bertahan dan menyerang.
Mereka bisa meng-cover seluruh area lapangan. “Dengan begitu, tim Anda bisa lebih fleksibel di lapangan,” ujar Gibson, lagi.
Hal ini berbeda dengan formasi tiga bek yang kerap dimainkan Barcelona. Bahkan, Gibson malah cenderung mengatakan bahwa Barcelona sebenarnya bermain dengan skema 2-1-2-5, bukan 3-4-3.”Barcelona hanya memainkan dua bek sentral dengan Sergio Busquets berada di depannya. Di depan Busquets ada dua gelandang,” ujar Gibson, lagi. “Lalu, ada dua full back yang bermain sebagai winger, bersama tiga pemain depan.”

Tak Ada Bek Kanan Ideal
Sejak kepergian Dani Alves yang dilepas ke Juventus, Barcelona memang kesulitan menemukan bek kanan ideal untuk mendukung formasi 4-3-3. Sergi Roberto dan Aleix Vidal, yang sempat diserahi tugas mengisi posisi itu tampil tak meyakinkn.

Tak heran, Luis Enrique kemudian mengubah formasi pasukannya menjadi 3-4-3. Namun, ya itu tadi, permainan sayap yang diinginkan Luis Enrique tak juga muncul.
Saat ini, Barcelona sendiri masih memburu bek kanan Arsenal, Hector Bellerin dan Joao Concelo (Valencia). Jika salah satu pemain ini bisa mereka boyong, bukan tak mungkin Barcelona kembali ke formasi andalan mereka, 4-3-3.

avivafrumer.com jasabola com Sumber: Liputan6