Barcelona Raja Supercopa de Espana Raih 13 Gelar, Real Madrid Sembilan!

Berkat kemenangan dari Sevilla, Barca kini sudah mengumpulkan 13 gelar untuk trofi ini. Jumlah gelar itu jauh lebih unggul daripada siapa pun termasuk rival abadi mereka, Real Madrid yang baru sembilan kali menahbiskan diri sebagai Super campeones.
Real Madrid boleh saja unggul jauh dari Barcelona untuk urusan gelar Liga Spanyol. Namun, untuk Copa del Rey dan Piala Super Spanyol, klub Catalan terbukti lebih cemerlang dari sang lawan abadi. Sejak trofi Piala Super Spanyol diperkenalkan pada 1982, Barcelona adalah klub tersukses. Bukan cuma karena jumlah gelar mereka, tetapi juga karena tim ini sudah menembus 22 kali Piala Super Spanyol, baik sebagai juara liga, maupun juara Copa del Rey.
Dalam 22 kesempatan itu, Barcelona berhasil merebut 13 gelar. Catatan ini dimulai sejak 1983, ketika Barca yang juara Copa del Rey, menaklukkan Athletic Bilbao, sang juara Liga Spanyol musim 1982-1983. Meski kalah 1-0 di San Mames, Barcelona yang berhak mengangkat trofi karena menang 3-1 di Camp Nou. Sejak saat itu gelar demi gelar berdatangan untuk Barca.

Namun terakhir kali Barcelona merasakan gelar Piala Super Spanyol, terjadi pada 2013. Kala itu, Barca sebenarnya tidak pernah mengalahkan Atletico Madrid, sang juara Copa del Rey. Namun klub Catalan berhasil meraih piala berkat agresivitas gol tandang. Setelah main 1-1 di Vicente Calderon, Barcelona bermain 0-0 tanpa gol kontra ATM saat berlaga di Camp Nou.
Sejak saat itu, Barcelona merasakan puasa gelar Supercopa de Espana hingga Kamis (18/8). Musim lalu, Barcelona sebenarnya juara Liga Spanyol. Juga, juara Copa del Rey. Andai aturan lama yang berlaku, gelar Supercopa de Espana sudah pasti jadi milik Barca, seperti yang terjadi pada Athletic Bilbao tahun 1984. Tetapi, dalam aturan baru yang berlaku sejak 1996, jika ada sebuah tim yang merebut gelar ganda, maka satu slot untuk Piala Super Spanyol diberikan kepada runner-up Copa del Rey.
Sial bagi Barcelona tahun lalu, meski Athletic Bilbao bisa dikalahkan di final Copa del Rey, klub San Mames itu malah berhasil menang dari Barca di Piala Super Spanyol 2015 dengan agregat 5-1. Oleh karenanya, gelar yang didapat pagi ini adalah gelar Supercopa de Espana pertama di era Luis Enrique.

avivafrumer.com sbobet 168 Sumber: Sidomi