Ketua Komisi III Plong Dengar Pengakuan Miryam

detik com Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengaku dirinya bersyukur dengan pernyataan langsung Miryam S Haryani di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rabu (21/6) lalu yang mengklarifikasi bahwa dirinya tak pernah ditekan anggota dewan.

Untuk diketahui, oleh penyidik KPK Novel Baswedan dalam pengadilan di Pengadilan Tipikor, Miryam disebut telah ditekan sejumlah anggota Komisi III DPR hingga mencabut berita acara pemeriksaan (BAP)-nya dalam perkara mega-korupsi eKTP. Hal itu memicu Komisi III mencoba mengklarifikasi ke KPK, namun tak memberi hasil, sehingga menjadi salah satu pemicu dibentuknya panitia khusus (Pansus) KPK di DPR.

Miryam lal‎u berkirim surat ke Pansus, menjelaskan bahwa tekanan ke dirinya itu tak benar. Kemarin, di Gedung KPK, Miryam mengakui memang mengirim surat itu, sekaligus menegaskan bahwa memang dia tak pernah ditekan DPR.

detik com Kata Bambang, pernyataan Miryam itu sebenarnya telah mengkonfirmasi bahwa surat yang dikirimnya ke Pansus Hak Angket KPK adalah asli.

“Bagi saya, pernyataan Miryam di Gedung KPK itu kemarin, paling tidak telah mengklarifikasi tudingan miring ke Komisi III DPR yang saya pimpin,” kata Bambang, Kamis (22/6).

“Saya bersyukur, akhirnya kebenaran telah menemukan jalannya sendiri.”

Diakui Bambang, tadinya dia berharap konfirmasi itu terungkap melalui panggilan atas diri Miryam di persidangan Pansus Hak Angket KPK di DPR. Namun di tengah polemik penggunaan pemanggilan paksa antara DPR, KPK dan Polri, akhirnya terbuka juga melalui pernyataan Miryam saat dicegat wartawan di gedung KPK.

Dia mengatakan dengan pernyataan Miryam itu, berbagai kecurigaan dan misteri yang selama ini tertutup rapat telah terjawab. Bersama rekannya di Komisi III, Bambang mengaku sedikit lega.

“Dan semoga hal itu bisa mengendurkan tensi politik, terkait pro-kontra pemanggilan paksa Miryam untuk meminta konfirmasi tentang kebenaran dan keaslian tulisan tangannya tersebut,” kata Bambang. detik com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *