Luis Enrique Bukanlah Ikon Barcelona, Beda Dengan Pep Guardiola!

Posisinya berbeda dengan Pep Guardiola, sosok yang membangun revolusi klub Catalan menjadi raja dunia. Demikian pendapat wartawan SPORT, Lluis Mascaro. Oleh karenanya Mascaro menyebutkan, Enrique tidak akan punya banyak opsi soal masa depannya di Barca. Klub tersebut bakal dengan mudah mencari pengganti jika Lucho akhirnya hengkang.
Di musim pertamanya bersama Barcelona, Luis Enrique mampu menyabet treble winners. Sesuatu yang hanya bisa dilakukan klub Catalan di era Pep Guardiola. Keberhasilan ini disusul dengan empat gelar di musim kedua; plus gelar Piala Super Spanyol pada awal musim ketiga, musim panas lalu. Jika melihat dari prestasi, jelas Luis Enrique bisa bersaing dengan Guardiola.
Bicara soal taktik, Lucho juga dianggap tidak kalah kelas. Ia mampu membuat Barcelona bermain lebih cair. Tidak hanya mengandalkan penguasaan bola, tetapi juga serangan balik mematikan. Bahkan pujian seperti ini dilontarkan oleh pelatih asal Chile, Jorge Sampaoli yang kini menangani Sevilla.
Namun, ada hal yang membuat Luis Enrique selamanya jadi bayang-bayang Pep Guardiola. Lucho bukanlah ikon klub seperti Pep. Ia datang setelah Barcelona berjaya melewati masa keterpurukan. Bahkan meski sepakbola yang dimainkan Barca di era Enrique cukup meyakinkan, kemeriahan mereka tidak bisa seperti Barca era Pep yang meraih dua gelar Liga Champions dengan mengerjai tim tangguh Manchester United di laga final.

Menurut Lluis Mascaro, Enrique dapat dikatakan hanya manajer atau pelatih semata. Ia tidak diidolakan seperti Pep Guardiola yang punya cita rasa Katalonia. Bahkan hingga musim ini, ketika Barca sudah meraih dua gelar beruntun di liga domestik, ketika tiba saat klub Catalan bermain buruk, isu agar Enrique dipecat dan diganti pelatih lain tetap mengemuka.
Oleh karenanya, Luis Enrique tidak bisa mengambil cara Pep Guardiola, yang mengulur-ulur waktu perpanjangan kontrak, dan membuat Barcelona sedikit kelimpungan. Mascaro yakin, opsi Enrique terbatas. Saat ini, Josep Maria Bartomeu, presiden Barca memang mengatakan, klub Catalan tidak akan mencari pelatih lain. Tapi jika sampai menjelang akhir musim Enrique masih bungkam soal masa depannya, maka Barca bisa mengambil cara ekstrem, mencari pengganti Lucho secepatnya.

avivafrumer.com sbobet 168 Sumber: Sidomi