PSG Sikat Barca, Ini Kata Emery

Paris Saint Germain (PSG) memetik kemenangan mengejutkan dalam partai pertama 16 besar Liga Champions, Selasa (14/2) atau Rabu dini hari WIB. Skuat asuhan Unai Emery tersebut mampu meluluhlantakkan Barcelona, 4-0.
Kekalahan telak ini membuat Barcelona terancam gagal melaju ke perempat final. Peluang mereka untuk lolos sangat berat. Di Barcelona nanti, Lionel Messi dan kawan-kawan harus menang dengan selisih lima gol tanpa balas. Belum ada dalam sejarah Liga Champions, sebuah tim yang kalah 0-4 di pertandingan pertama pada fase gugur bisa melaju ke babak berikutnya.
Meski sudah hampir dipastikan timnya akan melaju ke perempat final, Emery tak mau jemawa. Dia tak mau terlena dan mengaku tetap mewaspadai Barcelona.
“Melawan Barcelona selalu memicu motivasi yang luar biasa juga kesulitannya,” ungkap Emery yang tak asing dengan Barca karena sebelumnya pernah menangani Almeria, Sevilla, dan Valencia, pesaing Blaugrana di La Liga.
“Pertandingan ini meninggalkan rasa yang luar biasa di mulut namun kami tetap harus hati-hati karena masih ada 90 menit yang harus dimainkan,” kata Emery lagi.
“Kami telah mengungguli mereka dan melewati pertandingan yang lengkap. Kami harus tetap mempertahankan level konsentrasi karena permainan mereka sangat variatif,” imbuhnya.
“Kami sangat bersemangat untuk laga berikutnya. Kami harus mencoba untuk bisa tampil dengan cara yang sama (di laga kedua),” ungkapnya lagi.
Gawang Barcelona yang dijaga Marc Andre ter Stegen dibobol empat kali tanpa balas masing-masing oleh Angel Di Maria pada menit ke-18 dan 55. Dua gol lainnya dicetak pemain anyar, Julian Draxler pada menit ke-40, serta Edinson Cavani (72).
Mampu menang atas Barca merupakan peristiwa langka buat Emery. Dia pernah 24 kali mendampingi tim asuhannya melawan raksasa Catalan itu, namun cuma dua kali mampu memetik kemenangan, termasuk dalam laga ini.
“Saat kami menang, kami semua menang. Saat kami kalah, kami semua kalah,” papar pelatih berusia 45 tahun ini.
Pertemuan kedua babak 16 besar ini akan digelar 8 Maret mendatang. Barcelona akan menjadi tuan rumah di Camp Nou.

Jaja Suteja/JAS
Goal

avivafrumer.com jasabola com Sumber: BeritaSatu